Pesona Pantai Ngiroboyo Pacitan

Mendengar nama Kota Pacitan mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat luas, Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang berada di sebelah barat daya Provinsi Jawa Timur. Pacitan yang juga merupakan tempat kelahiran mantan Presiden ke-6 Republik Indonesia yaitu Jenderal TNI Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono GCB AC tersebut memang memiliki banyak potensi wisata. Tak heran bila Kota yang berjuluk kota 1001 Goa ini setiap akkhir pekan maupun hari libur banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai dan Goa menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Paket Wisat Pacitan Murah

Secara Administratif Wilayahnya berbatasan dengan tiga kabupaten lain yaitu Kabupaten Ponorogo yang berada di sebelah utara, kabupaten Trenggalek di sebelah timur dan Kabupaten Wonogiri (Jawa tengah) berada di sebelah barat kota Pacitan serta Samudra hindia di selatan. Di Sepanjang pesisir kabupaten Pacitan memang banyak sekali pantai-pantai yang memiliki panorama alam yang cukup mempesona hanya saja belum terkelola secara resmi dari pemerintah daerah. Salah satu Pantai yang kini mulai berbenah yaitu Pantai Ngiroboyo. Pantai Ngiroboyo merupakan salah satu Pantai yang ada di kabupaten Pacitan yang memiliki panorama alam yang sangat menarik. Pantai Ngiroboyo ini di kenal oleh masyrakat luas karena Tempat ini sering di jadikan event tahunan yaitu lomba ndayung, Lomba ndayung di selenggarakan di Pantai ini dengan menyusuri muara sungai yang terhubung dengan Sungai Maron, Sungai Maron Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Pacitan yang memiliki panorama indah dan unik, Anda akan menyusuri sungai yang memiliki air yang cukup jernih. Aliran Sungai maron ini di kelilingi dengan pepohonan kelapa di sepanjang tepian sungai dan bermuara di Pantai Ngiroboyo.

Secara geografis Lokasi Pantai Ngiroboyo terletak di dusun Sambi desa Sendang Kecamatan Donorojo kabupaten Pacitan provinsi Jawa – Timur. Untuk Akses jalan menuju pantai Ngiroboyo Anda bisa melalui beberapa jalur di antaranya yaitu:

  •  Melalui jalur ke Pantai Watu karung namun bila Anda melewati jalur ini beberapa tanjakan dan tikungan tajam siap menanti, Silahkan Anda ikuti papan penunjuk arah ke pantai Ngiroboyo.
  •  Melalui jalur ke Wisata Goa gong yaitu tepatnya di Pertigaan kecematan punung atau sebelah barat SPBU Punung silahkan Ambil jalur menuju ke Wisata Goa Gong kemudian jika sudah sampai di area Goa Gong silahkan Ambil jalur ke kanan (jalur ke Pantai klayar) atau menuju desa kalak ikuti jalur utama hingga Anda menemukan papan penujuk ke pantai Ngiroboyo. Akses jalan menuju Pantai Ngiroboyo selepas dari jalur Pantai Klayar maka Anda akan melewati jalan rabat dan makadam , hati-hati saat melewati jalur ini karena jalan lumayan sempit.

Keelokan Pantai Ngiroboyo ini tak lepas dari sungai maron yang mengalir, dimana sungai tersebut memiliki Panorama alam yang sangat mempesona. Sungai maron menjadi primadona wisata di saaat musim kemarau, karena di musim inilah air sungai maron terlihat jernih dan bersih. Untuk Anda yang ingin menikmati wisata di sungai maron Anda bisa menyewa beberapa prahu milik warga sekitar dengan harga sewa kisaran 100 ribu hingga 150 ribu rupiah. Anda akan di ajak menyusuri sungai maron dengan menaiki prahu dan berlabuh di pantai Ngiroboyo.

Beberapa Fasilitas yang ada di Pantai Ngiroboyo anatara lain yaitu gardu pandang, melalui gardu pandang inilah Anda dapat menikmati semilir angin laut khas pantai selatan. Selain itu kini di Pantai ngiroboyo juga sudah di bangun fasilitas MCK yang bisa di gunakan oleh pengunjung Pantai tersebut. Bagi Anda yang hobi berenang di muara Pantai Ngiroboyo ini bisa di gunakan untuk olahraga berenang, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan sebaiknya saat berenang menggunakan alat bantu renang seperti pelampung atau Anda juga bisa mencari Pemandu renang di kawasan ini.

Related Posts

Add Comment