Pantai Watu Karung Pacitan

Pacitan, mendengar nama kota Pacitan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang berada di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur dan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di sebalah barat. Selain berbatasan dengan tiga kabupaten tersebut Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan dengan samudra hindia di sebelah selatan maka tak heran jika kota Pacitan memiliki banyak pantai-pantai yang cukup menarik.

Kota kelahiran mantan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau yang lebih di kenal dengan sebutan SBY ini memang  terkenal memiliki keindahan alam yang luar biasa. Keindahan alam Pantai dan Goa menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatwan lokal maupun mancanegara salah satunya yaitu Pantai Watu Karung. Pantai Watu Karung merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Pacitan yang memiliki keindahan alam yang cukup menarik. Karena posisi Pantai Watu Karung menghadap langsung ke samudra hindia maka tak heran jika ombak di Pantai Watu Karung cukup besar. Ombak besar inilah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara untuk menaklukan ombak khas pantai selatan pulau jawa.

Ombak di Pantai Watuk karung ini bisa mencapai ketinggian hingga empat meter dengan tipe ombak reef break yang di mana tipe ombak seperti ini sangat di sukai bagi para peselancar. Pada Tahun 2009 lalu, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008 untuk menjajal dan membuktikan bahwa ombak Pantai Watu Karung adalah ombak kelas dunia. Kini Pantai Watu Karung sudah di kenal di seluruh dunia khususnya bagi para pecinta surfing, hal ini tidak luput dari peran peselancar top tersebut yang dimana foto dari Bruce irons yang sedang berselancar di Pantai Watu Karung di jadikan Cover sebuah majalah internasional terkemuka (Waves).

Selain memiliki ombak pantai yang cukup besar Pantai Watu Karung juga memiliki spot yang bagus bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Anda dapat meyewa sebuah Perahu nelayan untuk memancing di tengah laut atau Anda juga bisa memanfaatkan tebing-tebing yang berjajar di tepian Pantai Watu Karung. Mengingat pantai ini memiliki ombak laut yang cukup besar di himbau untuk para pengunjung yang bermain air maupun memancing di harapkan untuk berhati-hati.

Satu lagi pemandangan yang cukup menarik di Pantai Watu Karung Pacitan ini yaitu ketika Anda tiba di pantai ini maka Anda akan di suguhkan pemandangan berupa pulau-pulau kecil yang berada di tengah laut yang di tumbuhi dengan rerumputan liar. Keberadaan pulau-pulau kecil di Pantai Watu Karung inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Dengan keindahan alamnya yang sangat menawan tak heran pula bila Pantai Watu Karung ini sering di jadikan tempat untuk foto prewedding.

Di Pantai Watu Karung ini terdapat pemandangan yang unik dan cukup menarik untuk kita lihat yaitu sebuah batu karang raksasa yang berada di tengah laut yang dimana bila kita meilihat batu karang tersebut dari arah tertentu maka akan terlihat seperti wajah manusia, karena bentuknya seperti wajah seorang perempuan, batu karang ini di beri nama “Putri Samudra”. Pantai Watu Karung sendiri terbagi menjadi beberapa tempat di antaranya yaitu di bagian TPI, dimna di bagian TPI ini merupakan tempat jual beli ikan yang di lakukan oleh para nelayan setempat.. Anda juga bisa membeli ikan segar disini dengan harga yang ebih terjangkau sebagai oleh-oleh maupun untuk di bakar di tepian Pantai. Sedangkan untuk di bagian baratnya merupakan tempat yang cocok untuk Anda yang suka bermain pasir atau sekedar bermain air. Waktu yang bagus untuk menikmati pemandangan di Pantai Watu Karung yaitu pada sore hari, yang dimana waktu-waktu tersebut seringkali air laut surut dan meninggalkan beberapa biota laut serta batu karang yang bagus di beberapa lubang karang.  Untuk Anda yang hobi fotografi Pantai Watu Karung sangat indah dijadikan obyek foto di saat sore hari dimana matahari perlahan mulai tenggelam. Bagi yang ingin bermalam di Pantai ini, Anda bisa menyewa beberapa penginapan di Pantai Watu karung seperti homestay dan villa yang berjajar tidak jauh dari bibir Pantai tersebut.

Secara Administratif Pantai Watu Karung terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan . Untuk menuju ke Pantai Watu Karung dari pusat kota Pacitan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 menit perjalanan. Anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok serta beberapa tanjakan dan turunan khas pegunungan Pacitan. Perjalanan tersebut akan terbayar lunas seketika itu Anda sampai di pantai yang memiliki panorama yang cukup mempesona. Untuk tiket masuk ke Pantai Watu Karung tidaklah mahal , Anda cukup menegeluarkan uang sebesar 2.000 rupiah untuk anak-anak dan 3.000 ribu rupiah untuk orang dewasa, tiket masuk sudah termasuk asusransi oleh jasa raharja serta berlaku untuk 1 kali masuk saja. Sedangkan untuk hari hari tertentu yaitu sabtu, minggu serta hari libur nasional maka tiket masuk ke Pantai Watu Karung akan naik yaitu 3.000 ribu rupiah untuk anak-anak dan dewasa 5.000 ribu rupiah.

Lihat Video Pantai Watu Karung Disini

Related Posts

One Response

  1. dwi
    December 27, 2015

Add Comment