Pinus Kita Pacitan, WisataAlam Yang Eksotis

Pacitan adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Pacitan dikenal memiliki destinasi wisata alam yang sangat menarik. Pantai dan Goa menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Namun tak hanya itu saja. Kota kecil yang dikelilingi pegunungan ini juga menyimpan potensi wisata alam yang cukup menarik untuk kita kunjungi, salah satunya yaitu wisata alam PinusKita.

pinus-kita-pacitan

Sc Pic: Social media

PinusKita adalah kawasan hutan yang ditanami pohon-pohon pinus yang tersebar di sepanjang kawasan dusun Kaligondang Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo. Awalnya, kawasan ini hanyalah hutan belantara yang ditumbuhi semak belukar di sekitar pohon pinus. Berawal dari sebuah impian untuk ikut serta membangun desa dan Kabupaten Pacitan, sekelompok pemuda, yang menamakan diri sebagai SteerFams Org, bersinergi dengan Perum Perhutani, LMDH, pemuda, dan pemerintahan Desa Gemaharjo. Pemuda ini adalah pemuda desa Gunungsari Arjosari dan pemuda desa Gemaharjo. Kiat ini dipromotori oleh Muhamad Syafiq santri alumni Gontor 1 Ponorogo ditemani oleh Pamannya Hasan Khalawi STKIP PGRI Pacitan. “Ide ini muncul ketika Saya selalu melewati jalan itu setelah liburan pondok dan pulang kampung ke Gunungsari diantar oleh Paman Saya. Itu terjadi lebih dari enam tahun yang lalu”, ungkapnya. Organisasi ini dibentuk dari dan untuk kemajuan masyarakat. Salah satu yang tersentuh adalah pengembangan wana wisata hutan pinus yang sekarang disebut dengan PinusKita. Dimana, nama PinusKita dilandasi dengan filosofi semangat kebersamaan.

Sejak saat itu, kawasan tersebut sudah jauh berbeda dari sebelumnya yang hanya sebuah hutan. Kini hutan pinus tersebut sudah dikelola dengan baik oleh Steerfams Org, LMDH, pemuda, dan masyarakat sekitar. Tiket masuk ke hutan PinusKita sangatlah terjangkau, yaitu cukup mengeluarkan 5 ribu saja untuk sekali masuk. Anda akan sampai di tengah lokasi dengan menyusuri anak tangga buatan yang disediakan oleh pengelola. Anda akan dimanjakan suasana yang alami, sejuk, dan segar dibalut dengan horizon serta spektrum warna alami ilahi. Keindahan akan terpancar ketika mentari terbit dan cahayanya menembus, lalu terpecah  dedaunan pinus yang hijau. Dari atas sini, Anda juga bisa menikmati alam pedesaan desa Gemaharjo yang luas dan alami. Alhasil, ada pula yang menyebut PinusKita dengan sebutan Gardu Pandangnya Pacitan.

pinus-kita-pacitan-jawa-timur

Sc Pic: Social media

Gardu Pandang Pacitan ini, seiring berjalannya waktu masih terus dikembangkan. beberapa wahana yang sudah ada di kawasan ini yaitu bangku santai, ayunan, rumah pohon Tarzan, spot foto pohon, hammock dan gazebo yang dibuat dari material alami, serta pernak-pernik untuk Anda yang suka ber foto-foto ria dan selfie. Khusus untuk spot foto pohon dan rumah pohon Tarzan, pengelola telah menyiapkan perlengkapan pengaman untuk pengunjung seperti carmantel, carabiner, dan harness.

Secara administratif, PinusKita terletak di Dusun Kaligondang Desa gemaharjo kecamatan Tegalombo kabupaten Pacitan. Kurang lebih 40 KM dari kota Pacitan dengan melalui jalur Pacitan Ponorogo persis di atas jalan raya setelah ada plang yang tertuliskan “PinusKita 0 KM”. Untuk Anda yang hendak berkunjung ke Pinus Kita menggunakan roda 4, sebaiknya mobil diparkir di bawah saja, dikarenakan jalan yang sempit dan pas untuk 1 kendaraan saja. Jalan yang kecil dan terkadang licin dikhawatirkan membahayakan kendaraan dan pengunjung. Sedangkan roda 2 bisa lebih santai dan aman untuk parkir di lokasi atas yang disediakan oleh pihak pengelola.

Bagaimana Anda tertarik untuk mengunjungi? jangan lupa jaga kebersihan di tempat ini dan tidak merusak batok deres pinus. Selamat berlibur semoga hari anda menyenangkan.

Related Posts

Add Comment